Wednesday, August 26, 2015

Bedanya Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi

Penah dengar Universitas? Pernah. Kalau Institute ? Pernah. Bagaimana kalau Sekolah Tinggi? Pernah juga. Ketiganya adalah jenjang pendidkan yang ditempuh setelah tamat dari sekolah menengah. Lalu, dimana letak perbedaan universitas, institut dan sekolah tinggi??

Universitas alah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program akademik ( S1, S2, S3 ) maupun profesi (D1, D2, D3, Sp.A, Sp.Ak) yang terdiri dari beberapa fakultas Masing-masing fakultas dalam perguruan tinggi mempunyai jenis keilmuan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Contoh, Universitas Mulawarman di Samarinda memiliki 13 fakultas. Paling tidak dalam universitas memiliki minimal 4 fakultas yang tidak terdiri dari satu jenis keilmuan.

Institute adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program akademik atau profesi yang terdiri dari beberapa fakultas. Fakultas dalam institute terdiri dari satu macam jenis keilmuan saja. Contoh,  Institut Seni Indonesia, terdiri dari dari fakultas seni dan pertunjukan, Fakultas seni rupa, fakultas seni media rekam. Secara keseluruhan disana hanya mempelajari satu jenis keilmuan, yaitu seni.

Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program akademik maupun profesi yang memiliki satu cabang keilmuan. Satu fakultas dan beberapa program studi. Contoh, Sekolah Tinggi Kateketik dan Pastoral Katolik.

No comments: